8 Aplikasi Wajib Untuk Seorang Traveler.


"The world is a book, and those who do not travel read only one page." – Saint Augustine

*** 

Gimana judul sama introduction quote-nya? Udah kaya travel blogger belum? Hahaha.

Well.. beberapa hari yang lalu, gue ikut acara #Blogger17an. Acaranya sangat spesial, terlebih buat seorang blogger yang jarang bikin postingan kaya gue, karena hanya orang-orang yang diundang aja yang bisa datang. Di acara tersebut gue banyak ketemu blogger-blogger keren, yang beberapa di antaranya adalah seorang travel blogger. Banyak hal yang bisa gue dapat setelah sharing dengan mereka. Salah satunya adalah gue jadi sadar kalau ternyata traveling itu penting untuk menyegarkan otak setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Dulu gue pikir traveling itu ribet, karena kita harus mempersiapkan banyak hal agar terasa menyenangkan. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, seharusnya traveling bisa menjadi lebih mudah. Karena sekarang semuanya sudah bisa dilakukan mealui sebuah smartphone.

So sesuai dengan judulnya, di postingan kali ini gue mau berbagi tentang aplikasi-aplikasi apa aja yang wajib dimiliki oleh seorang traveler. Ya, walaupun mendengarkan tips traveling dari seorang yang jarang jalan-jalan kaya gue tuh ibarat mendengarkan tips cinta dari seorang jomblo ngenes. Tapi gapapa.. toh hal baik bisa datang darimana aja kan?

*kesambet*

1. Google Goggles.

Google Goggles | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh seorang traveler adalah Google Goggles. Hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke suatu objek, aplikasi ini bisa ngasih tau kita banyak hal. Mulai dari informasi sebuah lukisan / gambar, sejarah suatu bangunan terkenal, scan barcode / QR code, hingga menerjemahkan beberapa bahasa global seperti bahasa Inggris, Italy, Jerman, Spanyol, Portugal, Rusia, dan Turki menjadi bahasa lain.

Google Goggles akan sangat berguna kalau kita traveling ke luar negeri bareng gebetan. Karena bagaimanapun, kita pasti akan selalu berusaha terlihat sempurna di hadapan si dia. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencari sejarah sebuah bangunan tua dengan aplikasi ini, kemudian ceritakanlah ke gebetan. Niscaya kita akan terlihat lebih cerdas dan berwawasan. Tapi sayangnya.. aplikasi ini memiliki dua kekurangan, yaitu :
     untuk melakukan hal di atas, pastikan kita terlihat keren. Karena kalau nggak, kita bisa disangka tour guide daerah setempat yang berusaha modus.
     - aplikasi ini belum bisa menerjemahkan "kode-kode" yang diberikan oleh gebetan.

2. Instagram.

Instagram | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Aplikasi yang kedua adalah Instagram. Melalui aplikasi ini, kita bisa berbagi momen-momen terbaik selama liburan melalui sebuah foto. Dilengkapi dengan beberapa filter gambar dan juga tukang jualan peninggi badan kalau kalian cukup eksis.

Sama seperti Google Goggles, Instagram juga akan sangat berguna jika kita traveling bareng gebetan. Ya, karena kita gak tau kapan akan dapat momen bagus bareng si dia. Dengan Instagram, kita bisa langsung foto bareng, upload ke social media, lalu banyak yang liat, dan orang-orang pun akan mengira kita telah jadian dengan si dia. Cerdas...

Hal ini jelas akan sulit dilakukan ketika kita foto menggunakan tustel. Karena kita akan dihantui rasa takut foto yang kita ambil "terbakar" atau malah dapat momen bagus dan romantis bareng gebetan ketika roll film kamera kita habis.

Link download (Play Store).

3. Evernote.

Evernote | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Nah, kalau aplikasi yang satu ini wajib banget dimiliki oleh kita yang suka menulis saat traveling. Dengan menggunakan aplikasi Evernote, kita bisa langsung menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan kapan dan dimana saja. Sebab aplikasi ini tersedia di beberapa platform gadget, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop, dan akan saling tersinkronisasi secara online ketika gadget kita terhubung ke internet.

So kita gak perlu lagi repot-repot bawa mesin tik dan tipe-ex deh kalau mau menulis saat traveling~

Link download (Play Store).

4. Waze.

Waze | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Beberapa orang memilih traveling ke tempat jauh setelah putus dari pacar. Tapi sayangnya ada beberapa hal yang gak bisa dilupakan gitu aja setelah putus. Salah satunya adalah alamat rumah mantan. Kan gak lucu aja kalau kita niatnya mau pergi ke suatu tempat wisata, terus kita malah nyasar ke rumah mantan gara-gara gak fokus dan gak tau jalan. Untuk itu, aplikasi inilah solusinya.

Fitur-fitur yang bisa kita dapatkan dari aplikasi Waze antara lain :
     - rute tercepat ke suatu tempat, lengkap dengan real time traffic dan estimasi waktu tempuhnya.
     panduan navigasi suara
     lokasi pom bensin, ATM / Bank, rumah makan, rumah sakit, dll,
     - review rute dari pengguna lain yang tersinkronisasi menggunakan Facebook.

Namun ada sebuah kekurangan yang gue temukan dari aplikasi ini, yaitu gak bisa mencari dimana lokasi jodoh kita berada.

Link download (Play Store).

5. Zomato.

Zomato | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Ketika kita pergi ke suatu kota atau negara, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah berwisata kuliner. Tapi kadang kita kesulitan untuk menemukan tempat makan yang enak dan layak dikunjungi. Menurut gue ada dua solusi untuk masalah ini. Yang pertama, nanya ke tukang ojek atau supir taksi, dengan resiko diajak muter-muter terlebih dahulu dan ditipu abangnya. Yang kedua, menggunakan aplikasi Zomato. 

Ya, aplikasi ini berguna untuk mencari tempat makan di suatu kota atau negara yang paling di rekomendasikan oleh pengunjung-pengunjung sebelumnya. Aplikasi Zomato memiliki database tempat makan yang cukup luas karena mencakup 11 negara, termasuk Indonesia. Sayangnya.. untuk di Indonesia sendiri, baru tersedia untuk kota Jakarta dan Bali saja.


6. XE Currency.

XE Currency | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Selanjutnya aplikasi yang wajib bagi seorang traveler adalah XE Currency, terlebih lagi kalau kita suka traveling ke luar negeri. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa melihat nilai tukar terbaru mata uang negara lain terhadap Rupiah. Bagi sebagian besar orang, mengkonversi harga ke dalam Rupiah mungkin bukan hal yang penting. Tapi menurut gue, XE Currency akan sangat berguna kalau di negara lain, kita menemukan penjaga WC umum yang boleh bayar "seikhlasnya" kaya yang ada di terminal bis Indonesia. Kan kalau ngasih kurang, gak enak. Tapi kalau ngasih terlalu banyak juga yakali deh buat pipis aja bayar mahal. -____-

Oh ya, satu lagi... yang dimaksud nilai tukar uang di sini bukan berarti menukar uang ceban satu lembar jadi goceng dua lembar ya~


7. Accuweather.

Accuweather  | Aplikasi Wajib untuk Traveling
sumber : Google Play

Saat melakukan traveling, cuaca adalah hal yang penting. Oleh karena itu, Accuweather termasuk salah satu aplikasi wajib bagi seorang traveler. Karena gak lucu aja sih kalau kita pergi ke gunung, ingin liat sunrise tapi cuaca saat hari H malah hujan, atau yang lebih gak lucu adalah ketika kita mau bawa gebetan ke tempat romantis, berharap hujan agar bisa keliatan gentle saat ngasih jaket, tapi cuaca saat hari H malah panas.

So, aplikasi ini akan selalu berguna baik ketika kita traveling ke luar negeri, maupun dalam negeri. Selain itu, dengan menginstall aplikasi ini di smartphone, kita gak perlu lagi ngajak pawang hujan saat traveling. Mudah bukan?

Link download (Play Store).

8. Travellio dan Hellolio.

Travelio | Aplikasi Wajib untuk TravelingHellolio | Aplikasi Wajib untuk Traveling
Kiri : logo Travelio, kanan : logo Hellolio. Sumber : Google Play

Last but not least, aplikasi yang gak kalah penting dan wajib bagi seorang traveler adalah Travelio dan Hellolio. Aplikasi ini terbilang sangat inovatif, karena keduanya adalah aplikasi untuk memesan kamar hotel dengan metode tawar menawar harga. IYA, DENGAN METODE TAWAR MENAWAR HARGA!!!

     Keren gak tuh?

Jadi sesuai dengan tagline-nya "Your Trip, Your Price", yang artinya adalah dilarang merokok. Eh bukan deng... artinya adalah... hmm...... pokoknya intinya, kita yang menentukan harga dari perjalanan kita. Untuk itu kedua aplikasi ini membebaskan kita untuk menawar harga kamar hotel yang kita inginkan.

Nah, buat yang sekarang lagi baca via laptop atau komputer, bisa langsung buka webnya di www.travelio.com. Lalu jangan lupa bookmark deh biar gak hilang kalau suatu waktu kita mau pergi traveling~ dan untuk aplikasi Android bisa di download melalui link ini : Download Travelio (Play Store) | Download Hellolio (Play Store).

     Terus cara menggunakan aplikasinya gimana?

a. Aplikasi Travelio

Pertama.
 Buka aplikasi Travelio dengan penuh keyakinan. Jangan ragu! ini bukan mau menjawab soal tes CPNS.
loading screen Traveliowelcome screen Travelio
kiri : loading screen aplikasi Travelio dan kanan : welcome screen aplikasi Travelio

Kedua. Setelah masuk ke tampilan welcome screen, sentuh tombol menu yang ada di bagian kiri atas. Lalu pilih Login / Register. Untuk mempermudah proses, kita bisa pilih tombol Login dengan Facebook. Usahakan jangan Facebook yang alay...

menu login Travelio
menu login aplikasi Travelio

Ketiga. Kemudian kita akan kembali ke welcome screen, isi Lokasi, tanggal Check In, dan kolom Lama Menginap. Cari hotel yang kita inginkan dan pilih tombol Lihat Kamar. (gambar di bawah, kiri)

Keempat. Lakukan penawaran harga terhadap kamar hotel yang kita inginkan. Tenang aja.. udah ada range harganya kok, jadi gak akan kemahalan. Pada tahap ini, skill menawar seperti ibu-ibu komplek kita akan diuji. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian! Nah, kalau udah, pilih tombol Tawar Sekarang. (gambar di bawah, kanan)

memilih kamar di Travelioproses menawar di Travelio
kiri : tampilan setelah memilih kamar dan kanan : tampilan saat melakukan penawaran

Kelima. Selanjutnya, kita akan masuk pada tampilan loading, sementara sistem akan mengecek penawaran kita. Ada baiknya kita berdoa pada tahap ini, agar penawarannya diterima. Tenang aja, proses loading ini gak akan lama seperti nunggu jawaban dari gebetan kok. (gambar di bawah, kiri)

Keenam. Langkah terakhir, jika penawaran diterima, maka tampilan layar akan seperti gambar di bawah ini (kanan). Lalu pilih tombol Bayar Sekarang, untuk memilih metode pembayaran. Namun jika penawaran gagal, kita harus melakukan penawaran ulang seperti pada langkah keempat. Selesai deh... 

loading pengecekan Traveliotawaran Travelio diterima
kiri : tampilan saat loading pengecekan penawaran harga kamar dan kanan : tampilan saat tawaran kita diterima

b. Aplikasi Hellolio

menu login HellolioHellolio offline
kiri : tampilan menu login dan kanan : tampilan utama, ketika offline.

Sedangkan untuk aplikasi Hellolio, langkah menggunakannya lebih mudah lagi. Kita hanya perlu login dengan menggunakan akun Facebook. Kemudian kita akan terhubung dengan CS dari Travelio, terus tinggal bilang deh kita butuh kamar hotel yang seperti apa, budget kita berapa, dan lain-lainnya. Oh ya, kita juga tetap bisa menawar harga kok kalau emang kurang sreg dengan harganya. Tapi jangan lupa, karena kita chatting dengan CS, maka ada jam operasionalnya, yaitu dari pukul 09.00 - 21.00.

Note : ngegombalin dan ngemodusin CS-nya gak akan bikin harga jadi lebih murah.

So.. cara menggunakannya gampang kan? Pasti... Karena dengan adanya aplikasi Travelio dan Hellolio, proses booking kamar hotel jadi terasa lebih mudah bila dibandingkan dengan proses pembuatan 1000 candi. Makanya buruan deh download! Biar kalau suatu hari kita ingin traveling, kita tau harus booking kamar hotel pakai aplikasi apa~

***

Well, itu dia delapan aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang traveler. Melihat semakin mudahnya kegiatan traveling, mulai dari proses persiapan hingga akhir, kedepannya mungkin gue akan mencoba menyisihkan lebih banyak waktu dan uang untuk melakukan traveling. Karena sekarang, gue masih lebih sering menjadi seorang "traveler di dunia maya", bukan di dunia nyata, Gue juga jadi ingat dengan kata-kata seorang teman di acara #Blogger17an kemarin, kata dia "Cobain deh sekali-kali traveling. Keliling Jawa dulu aja, baru nanti keliling Indonesia, hahaha. Pasti ketagihan, deh! Bagus-bagus banget tempat wisatanya!".

Untuk itu, akhir kata..

Traveling Quote
I haven't been everywhere, but it's on my list. :p
Previous
Next Post »

36 Komentar

avatar

ternyata banyak juga ya Mas aplikasi untuk traveler ini, saya cuma tahunya Googles dan Instagram hehehe... :)

Balas
avatar

Iya bener, Mas.. Tapi karena semua aplikasi ini, traveling jadi gampang banget sekarang.. Gak kaya dulu lagi. :D

Balas
avatar

Wah.. kalau gitu butuh banyak persediaan baterai yaa buat gadget kita... :)

http://www.sitimustiani.com

Balas
avatar

hehehe, iya. Tapi kan udah ada powerbank sekarang. Jadi bukan masalah lagi deh~ :p

Balas
avatar

Nyimak aja sob.., ditunggu kunbalnya..

Balas
avatar

Keren mas Rizqi :)
Beberapa aplikasi udah kenal duluan, tapi banyak juga yang belum,
Salam kenal saya Razi mas,
Kalau berkenan, maen2 ke blog saya mas arraziibrahim.com
:)

Balas
avatar

salam kenal juga mas Razi.. langsung mampir ke blognya deh. :D

Balas
avatar

waaw, ternyata banyak banget ya aplikasinya, yang saya tau baru sedikit banget, hehe :D

makasih mas, sangat bermanfaat

Salam kenal mas

Sofyan Hadi

Balas
avatar

Hehehe, iya mas. Monggo dicoba aplikasinya..
Salam kenal juga ya. :D

Balas
avatar

ulasannya cukup lengkap jg..
bagi sy seorang pemula ini bermanfaat banget,..

makasih mas, :D
Salam Kenal

Balas
avatar

siap mas. makasih juga udah mampir :D

Balas
avatar

itu aplikasinya buatan lokal apa bukan ya mas? Soalnya kalau mau tanya-tanya ke CS biar pakek bahasa Indonesia gitu, maklum nggak bisa Inggris, hehe

Salam kenal gan :)

Balas
avatar

Aplikasi yang mana sob? Travelio? itu lokal kok.. :))

Balas
avatar

kayaknya yang paling penting bagi saya zomato deh, soalnya paling suka wisata kuliner wkwkw

salam kenal bang :-)

Balas
avatar

Hahaha, iya.. tapi sayangnya Zomato belom mencakup semua kota ya.

Balas
avatar

keren banget aplikasinya, ditunggu ya jalan-jalan ke Jepangnya, nanti aku siap jadi guidenya deh

Balas
avatar

Yang paling penting adalah baterai hp yang mencukupi untuk bertahan saat travelling hehehe.

Kunjungi blog saya juga di AfikRubik.com ya

Balas
avatar

ane lebih suka onenote sih daripada evernote, tapi sama aja fungsinya dan emang penting banget app model gini. waze juga penting karena bisa memantau kondisi kepadatan jalan di sekitar kita

Balas
avatar

itu aplikasinya berbayar apa free nih gan ? kok baru ane baru denger ya aplikasinya ? buat ntar ane liburan.. hehe

Balas
avatar

Ternyata banyak banget aplikasinya. Sedangkan ane cuman baru punya instagram #Hikss

Tapi kebanyakan aplikasi entar baterai hp jadi cepet abis dong kak.

Salam traveling kak
http:penulisngapak.com

Balas
avatar

yang penting bagi saya mah nomer 3 dan aplikasi sejenisnya.

traveling + menulis itu bagi saya adalah satu kesatuan. heheh

Balas
avatar

instagram paling asik, ajang buat pamer :v

artikelnya keren, struktur penulisannya bagus

Balas
avatar

mantaap mas rizqi...
yg penting mah jng ampe lupa sholat yak :)

Balas
avatar

Siaaaap!!!

nanti kalo ada rejeki main-main ke Jepang deh. Penasaran juga pengen liat neng Maria secara langsung. :3
hahahaha

Balas
avatar

iya bang, pake batre Alkaline bang biar tahan lama. hehehe

Balas
avatar

wah, bedanya apa tuh Onenote sama Evernote?
gue suka Evertone karena bisa handwriting sih salah satunya. Jadi kalo lagi males ngetik bisa langsung nulis tangan. :D

Balas
avatar

Gratis kok, sob. Tinggal download aja di Playstore~

Balas
avatar

Iya bener. Semakin banyak aplikasi, semakin cepet juga batere hape kita abis. Makanya ane cuma install beberapa aja yang bener-bener butuh. :D

Balas
avatar

hehehe, bener! ane juga sering banget pake Evernote, buat nulis ide postingan atau cuma sekedar curhat doang kaya diary. HAHAHA

Balas
avatar

Kalo traveling ke luar negeri, google translate yang paling penting hoho

Balas
avatar

biar perjalanan makin asik, ya intagram lah... hihii

bunda aisyah

Balas
avatar

Siaap mas!

InsyaAllah nggak lupa kok. Makasih udah mengingatkan. :)

Balas
avatar

Iya, bikin hidup jadi simple nih. Gak perlu bawa2 kamus lagi. :))

Balas
avatar

Bener.. apalagi sekarang fitur instagram udah macem2 yaa. Bisa IG stories, bisa macam2 filter.

Balas