Tentang Mimpi...

'Kamu mau lanjut sekolah dimana, sar?' tanya Mama.
'SMPN 3 aja, ma..' kata gue sambil ngorek-ngorek tanah buat bikin kolam ikan.
'Oh, yaudah nanti mama bilang ke guru kamu, biar di daftarin kolektif.' kata mama.
'Iya, ma.. habis itu aku mau sekolah di SMAN 1 ya, terus kuliahnya di UI deh. Jurusan kedokteran!' kata gue sambil ngelemparin lele bule ke kolam. 


Lele Bule
Orang lain biasa nyebut spesies ini lele albino, kalo orang bekasi nyebutnya lele bule!

Saat itu gue emang baru aja lulus SD. Tapi gue bersyukur, dari kecil gue udah dibebasin buat menentukan pilihan, termasuk dalam memilih sekolah. Orang tua gue cuma memposisikan diri mereka sebagai pemberi saran biar gue gak terlalu jauh keluar 'jalur'. Oleh karena itu, dari sejak masih SD pun gue udah mulai menyusun mimpi-mimpi gue.

***

Mimpi ke 1 : sebuah awal.

Waktu baru menunjukkan pukul 6 pagi, tapi gue udah duduk di salah satu ruang yang ada di SMPN 3 Bekasi. Iya, hari itu gue ikut ujian tes masuk disana. Karena saking banyaknya yang daftar, akhirnya ruang lab pun dipakai untuk tes. Gue masih inget banget, waktu itu gue dapet bagian di ruang lab Biologi untuk tes tersebut, tepatnya di bangku pojok kiri belakang. Gue duduk disana sambil baca-baca ulang materi yang mungkin keluar saat ujian nanti. Sekitar pukul 7, salah satu pengawas masuk ke ruangan gue dan mulai membagikan lembar soal. Hari itu.. test berjalan dengan cukup lancar.

Selang beberapa minggu kemudian, gue sama nyokap udah ada di tempat yang sama untuk liat hasil pengumuman tes ujian masuk. Gue sama nyokap memilih berpisah dan mencari nama gue di kolom yang berbeda. TERNYATA ADA!!! Nama gue tercantum di salah satu daftar siswa yang berhasil lulus. Gue bersyukur banget bisa keterima, karena itu berarti... salah satu mimpi masa kecil, berhasil gue kejar.

Tapi mungkin.. rasa syukur gue cuma ada di saat pengumuman kelulusan doang. Karena hari-hari berikutnya gue jalanin dengan gak terlalu serius. Sering telat, sering cabut ke rental PS di samping sekolah, gak pernah ikut ekskul, gak pernah belajar kalo ada ujian, jarang ngerjain PR dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya setiap kali ada pembagian raport, gue selalu berjanji sama diri gue sendiri : 'pokoknya.. semester depan harus lebih baik!'. Janji yang mungkin levelnya hampir sama kaya janji para caleg ketika kampanye. Sulit ditepati!

Tiga tahun sekolah disana emang terasa cepet banget, karena ternyata.. Ujian Nasional SMP tinggal menghitung hari. Tapi.. rasa males gue masih tinggi. Bahkan, di hari pertama ujian nasional, gue nyaris telat, karena di Minggu malemnya gue malah asik maen di rental PS deket rumah sampe tengah malem. Alhasil, nilai-nilai di ijazah gue gak lebih besar dari telor cicak. Kampret...

Mimpi ke 2 : Tuhan selalu tau yang terbaik.

Lulus dari SMP dengan nilai yang pas-pasan bikin gue gak punya pilihan lain kalo emang pengen mengejar mimpi gue selanjutnya, masuk SMAN 1 Bekasi. Iya, gue harus tetep 'maksa', walaupun gue sadar posisi gue saat itu udah kaya seorang fans SNSD yang berharap bisa jadian sama salah satu personelnya. Hampir gak mungkin tercapai. Akhirnya, gue tetep coba daftar buat ikut tes.

FYI aja, SMAN 1 Bekasi udah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), jadi saat itu ketika sekolah lain pakai nilai ijazah buat tes masuk, mereka memakai tes tertulis dan wawancara sebagai ujian tes masuk.

Saat ngerjain soal tes, gue baru sadar satu hal, soal-soalnya merupakan campuran dari materi pas SMP ditambah sedikit materi pas di SMA nanti. Jangankan materi SMA, materi pas SMP aja gue masih banyak yang bingung, dan dari situ gue udah bisa bayangkan gimana hasilnya... iya, gue gagal.

Akhirnya, gue terpaksa harus mengandalkan nilai-nilai yang ada di ijazah SMP buat 'bertarung' dapetin SMA favorit lainnya. Karena di haruskan punya 3 pilihan, gue memilih SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 8. Tapi, saat itu ternyata rata-rata NEM di Bekasi lagi tinggi-tingginya. Jadi... sesuai prediksi, gue gagal lagi.

Dari situ, gue akhirnya masuk ke salah satu SMA swasta di Bekasi, SMA Martia Bhakti. Di sana gue diajarin banget gimana caranya buat disiplin. Disana gue perlahan-lahan berubah, dari yang tadinya sering telat, jadi gak pernah telat lagi, dari yang tadinya suka bolos ke rental PS, sekarang jadi suka bolos ke warnet. Hahaha. Nggak deng.. gue jadi gak suka bolos lagi. Saat itu, cuma satu yang gue pikirin. Gue gak boleh gagal lagi saat daftar universitas nanti, gue harus masuk UI. Di SMA gue juga jadi rajin belajar, jadi suka baca buku (pernah dibahas di Everything Happens for a Reason), pokokya.. saat itu gue berubah total. Ternyata perubahan-perubahan itu berbuah manis karena akhirnya, gue keterima jadi mahasiswa Teknik Komputer, Universitas Indonesia.

Mimpi ke 3 : terus mengejar mimpi..

Sekarang... gue udah jadi mahasiswa tingkat akhir di jurusan Teknik Komputer UI, walaupun bukan jurusan Kedokteran. Karena gue baru sadar bahwa satu-satunya materi Biologi yang gue bisa cuma bab tentang reproduksi doang. Sial..

Semakin lama gue juga semakin tersadar kalau ternyata mimpi-mimpi masa kecil gue mulai habis. Entah itu berakhir dengan kesuksesan, ataupun kegagalan. Tapi satu yang pasti.. berhasil ngedapetin keinginan yang gue impikan sejak kecil bukan berarti bikin gue harus berhenti bermimpi.

Kebetulan.. saat masa ospek di kampus dulu, gue disuruh bikin list tentang 100 mimpi yang akan gue capai di kemudian hari, dan ke 100 mimpi itu seolah menunggu kapan waktunya untuk gue kejar dan menjadi nyata. Karena kalau kata Walt Disney, semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.

Walt Disney Quote


By the way.. kalo ngomongin soal mimpi, gue lagi ikut salah satu lomba yang di adain sama mimpiproperti.com loh~

Emang apasih mimpiproperti.com itu?
Mimpiproperti.com adalah sebuah situs yang mengedepankan pelayanan terhadap konsumen dan pemenuhan kebutuhan publik akan informasi akses properti di Indonesia. Seperti yang dikutip dari situs startupbisnis.com (link sumber) : "mimpiproperti.com mendampingi para penyedia properti, mulai dari kalangan developer, agen properti, hingga retail perorangan untuk menemukan calon pembeli terbaik, dan membantu para pencari properti untuk memperoleh properti yang sesuai dengan mimpi mereka." 

Jadi... kebayang gak sih kalau semua kalangan dari para penyedia properti berkumpul di sebuah situs untuk menjual properti mereka? Yap, pastinya properti yang di jual juga akan lebih beragam, mulai dari harga sampai tipe/jenisnya.

Wah, asik dong! Terus kalo buat hadiah lombanya berapa?
Nih buat hadiah lomba blognya :
         - Juara 1 : Rp 5.000.000
         - Juara 2 : Rp 2.500.000
         - Juara 3 : Rp 1.500.000
         - Juara favorit : Rp 1.000.000

Lumayan tuh hadiahnya, bisa dipake buat nraktir kwaci satu kelurahan!

Gimana cara daftarnya? dan sampai kapan periode lombanya?
untuk periode pendaftaran lomba blog dibuka sampai tanggal 31 Agustus 2014, pukul 23.59. Sedangkan untuk cara pendaftarannya, mending diliat langsung deh di website resminya~ http://www.kontesmimpiproperti.com/event-blog-kontes/

Gimana? seru banget kan lombanya? Tapi tunggu dulu.. acara dari mimpiproperti.com ini gak cuma lomba, tapi ada juga seminar tentang blogging, seminar tentang fotografi, seminar internet marketing, konvoi sepeda, dan masih banyak lagi. Jadi.. pastinya acara ini bakal seru banget nantinya. Inget! acaranya tanggal 21 September 2014.

Untuk info lebih lanjut bisa buka di http://www.kontesmimpiproperti.com/event-blog-kontes/

Lomba Mimpi Properti

Previous
Next Post »

30 Komentar

avatar

semoga mimpinya menjadi kenyataan ya mas, dan lombanya menjadi juara juga

Balas
avatar

Wuaah keren! Terpuruk, tp berhasii bangkit. Sukses terus kak!

Balas
avatar

ok juga tulisan lo sar.
selamat mengejar mimpi lo, semoga semuanya terwujud.
gw titip lab digital buat generasi lo dan seterusnya.
sukses sar!

Balas
avatar

mantap kak semoga sukses lomba e (Y) (Y)

Balas
avatar

semalem aku mimpi jalan sama seseorang *eh* OOT

Balas
avatar

akankah mimpi itu jadi kenyataan..?

Balas
avatar

Targetnya menangkan lomba sob, mimpinya menyusul hehe, sukses yaa (~_~)

Balas
avatar

hidup berawal dari mimpi bro, bukan dari ibu eeh :v

Balas
avatar

Hidup berawal dari perkawinan.
ikut nimbrung sob :)

Balas
avatar

Lele albino tak ada di sini

Balas
avatar

Apapun mimpinya, minumnya kudu teh botol sosro...:)

Balas
avatar

Moga sukse slalu saja ya mas..

Balas
avatar

hehehe, amiin.. makasih mas. :D

Balas
avatar

makasih.. Semoga kamu juga sukses terus! :)

Balas
avatar

HUAAAAAA... amin, makasih dit. Sukses juga buat lu! :D

Balas
avatar

thanks wal! ikutan juga lah.. deadlinenya masih 5 hari lagi kok. :p

Balas
avatar

semoga cepet jadi kenyataan sob.... gak cuma di mimpi. :") hahaha

Balas
avatar

hmm, semoga sob! doain yaa.. :D

Balas
avatar

targetnya tetep mengejar mimpi sob.. kan menang lomba blog juga masuk kedalam list 100 mimpi juga. :p

Balas
avatar

hidup berawal dari H sob.... H-I-D-U-P. :p

Balas
avatar

hidup berawal dari B (birth) dan diakhiri oleh D (death). Tapi diantara B dan D, selalu ada C (choice). #versiBijak



*lagi kesambet*

Balas
avatar

ada kok sob, dulu pas masih SD suka ada yg jual lele albino kecil.

Balas
avatar

ngga ada abisnya lah kalo ngomongin mimpi.. keren!

Balas
avatar

bener banget.. karena pada dasarnya manusia emang hidup dari satu mimpi ke mimpi yang lain, dimana diantaranya ada yang jadi nyata, dan (kadang) ada juga yang hanya berakhir jadi mimpi.

Balas