Hal-Hal yang Gak Ada di Ramadhan Kali Ini.

Udah sekitar satu bulan ini gue lagi menjalani hal terindah dari dunia perkuliahan. Yap,  liburan semester genap. Liburan yang cukup panjang (sekitar 3 bulan), bikin gue punya rutinitas baru, makan-tidur-dan online doang. Tapi, berhubung liburan kali ini berbarengan dengan bulan ramadhan, akhirnya kegiatan gue pun sedikit berubah. Dari yang tadinya makan-tidur-online doang, berubah menjadi tidur, online, dan tidur lagi. Parah…

Eniwei.. terlepas dari kegiatan gue yang cuma tidur, online dan tidur lagi itu, gue dapet satu moment yang mungkin gak bisa gue temuin di bulan lainnya. Jadi, kemarin malem, sepulang shalat tarawih, gue ketemu temen-temen lama gue. Gue ketemu mereka di………. pangkalan ojek! Nggak, mereka gak lagi nunggu penumpang, tapi ya emang gitu, dulu kita suka maen bola bareng, dan berhubung pangkalan ojek itu adanya deket lapangan, jadilah kita suka nongkrong disitu sambil minum pop ice sambil godain cewe cakep lewat. Gaul abis!

Gue sama mereka udah temenan dari pas kelas 1 SD sampai sekarang. Tapi setelah lulus SMA, kita kepisah-pisah, dan jadwal kita yang beda-beda itu bikin kita makin susah buat kumpul. Dan kemarin malem, gak tau gimana, kita semua bisa kumpul lagi. Lengkap! Ketemu sama temen yang udah lama gak ketemu emang seru, banyak banget yang bisa di obrolin, waktu juga jadi gak terasa. Sampai akhirnya.. temen gue ngomong gini : “Eh, kita gak perang sarung lagi nih?"

Pertanyaan itu pun bikin gue mikir bahwa Ramadhan kali ini agak sedikit beda dari Ramadhan sebelumnya. So i think, here these are the things that make this Ramadhan different. Check it out~

1. Perang Sarung

Perang Sarung

Perang sarung emang udah jadi bagian yang paling di tunggu di setiap bulan Ramadhan. Permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak komplek sepulang sholat tarawih. Pulang dari masjid, anak-anak biasanya langsung kumpul di lapangan yang kemudian bakal dibagi menjadi 2 tim dengan jumlah orang yang sama dan mereka akan saling serang pake sarung seperti yang ada digambar diatas. Sesuai gambarnya, bagian yang di kasih lingkaran merah emang bagian yang paling sakti! Pengalaman gue main perang sarung ini, gue pernah 2 kali diomelin sama ibu-ibu karena udah bikin nangis anaknya. Tapi kampretnya... anaknya selalu ikut main perang sarung sepulang tarawih, dan hampir 70% dari total permainan anak tadi selalu diakhiri dengan tangisan. Kampret!

Tingkat keasikan : 8/10

2. Petasan

Petasan

Yang kedua ada petasan, nah permainan ini juga adalah permainan yang paling seru dibulan Ramadhan. Berdasarkan pengalaman gue, petasan bisa punya dua fungsi, yaitu :

      A. Buat perang-perangan.
Cara main : petasan di bakar seperti biasa, kemudian lempar petasan tersebut ke arah lawan. Tapi sayangnya, ini bahaya banget, udah banyak berita di TV yang nayangin tentang korban permainan petasan kaya gini. So, jangan ditiru ya~

      B. Buat cari perhatian sama gebetan.
Cara main : petasan (yang gak meledak dan gak bahaya tentunya) di bakar seperti biasa, kemudian lempar petasan tersebut kearah gebetan kita. Setelah itu gebetan kita akan terlihat takut, dan saat itu pula lah kita bisa deketin dia dengan bilang "Kamu kenapa? takut ya? tenang ada aku kok.. lagian kan petasan itu gak meledak." Dijamin gebetan lu akan langsung suka, karena 9 dari 10 cewek suka cowok yang mau berkorban demi pasangannya. Tsaaah..

PS: kalau emang kalian emang laki-laki sejati. Coba deh permainan kaya gambar diatas. Lumayan.. suaranya bisa kedengeran 3 RT!

Tingkat keasikan : 5/10

3. Main Bola

Mad Dog

Nah, kalo permainan yang satu ini biasanya dimainkannya sore.. biar sekalian ngabuburit gitu. Tapi namanya juga anak komplek, jarang banget punya lapangan gede yang ada gawangnya. Alhasil... kita pun bikin gawang pake sendal.

Selain itu, gue juga inget pengalaman pas gue masih SMP. Jadi biasanya kita mulai main dari jam 4.30 dan baru selesai kalau adzan maghrib udah berkumandang. Tapi suatu waktu, temen gue udah nyamper ke rumah buat main bola dari jam 2.00 siang. Alesannya katanya biar maenya bisa puas. Gue pun setuju. Tapi ternyata, baru pukul 4.35 sore, kita udah kecapean. Dan akhirnya, kita pun buka jam 5 sore karena udah gak kuat nahan rasa haus. Kampret, tanggung banget!

Tingkat keasikan : 6/10

4. Agenda Ramadhan

Agenda Ramadhan

Mungkin anak tahun 90-an udah familiar dengan gambar diatas. Yap, agenda ramadhan. Buku itu isinya tentang rangkuman ceramah-ceramah di setiap tarawih gitu. Kampretnya, rangkuman-rangkuman itu harus ditandatangani oleh ustadz yang ngisi ceramah tersebut, dan kampretnya lagi.. sang ustadz baru mau ngasih tanda tangannya kalo tarawih + doa-doanya udah selesai semua. Tapi.. kadang niat buat minta tanda tangan itu dihalangi oleh niat buat main petasan dan main perang sarung dilapangan. Akhirnya, hampir 90% tanda tangan di agenda ramadhan gue pas SMP adalah palsu. Iya, tanda tangan itu temen gue semua yang bikin. Muahahahaha...

Tingkat keasikan : -1/10

Well, gue rasa itu tadi 4 hal yang menurut gue bikin Ramadhan kali ini agak beda. Yap, hal-hal di masa kecil yang perlahan mulai ditinggalin. Ya mungkin karena faktor umur juga kali ya. Sekarang mana kuat sih lari dikejar hansip gara-gara ngagetin dia pake petasan korek lagi? Atau mungkin mana mau sih diem-diem buka puasa jam 5 sore gara-gara kehausan abis main bola? Paling satu yang ada di pikiran, “malu woy sama umur!”. Tapi jujur, kadang ada kangennya juga ngerasain hal-hal konyol kaya gitu. Terlebih lagi karena mungkin anak-anak sekarang udah jarang yang mainin permainan itu. Anak-anak sekarang lebih sering main dirumah dengan laptop, tab, ataupun smartphone mereka. Agak miris juga sih.. tapi ya mau gimana lagi.. kemajuan teknologi juga gak bisa distop/ dihindarin kan? Mungkin aja nanti pas anak-anak kita udah pada gede mereka udah pada gak kenal lagi arti makhluk sosial karena mungkin mereka mainnya udah sama robot/mesin yang serba otomatis. Hiiiii... agak ekstrim sih, but who knows? tapi ya itulah sob, yang namanya kemajuan teknologi pasti punya sisi positif dan negatifnya masing-masing. Tinggal gimana kita memilah-milahnya aja..

PS : Beuh gilak, gak nyangka gue bisa nulis kaya gitu... pfft
Previous
Next Post »

46 Komentar

avatar

membalas kunjungan..singgah pagi..

Balas
avatar

Ramadan kali ini beneran membosankan gan, bukan ramadhannya sih, tapi aktivitas saya sehari-hari. Berhubung kuliah libur gan, kan beda banget ketika masih sekolah masih bisa ini itu.

Tinggkat keasikan semuanya 4/10.

Berkunjung balik ya gan

Balas
avatar

Mahasiswa mana emangnya gan? Ini udah sebulan setengah libur kuliah, tiap hari malah mantengin laptop ga jelas. Mau maen sama temen juga, eh yang laennya sama kayak ane pada males juga --"

Balas
avatar

whaha keren gan :D Ngambil Jurusan apa?
Ane di Unsoed, ngambil komunikasi barus mau semester 5 ini.

Emang udah mah gak ada pemasukan karena liburan, lagian sekarang juga masih romadlon, mau minta uang jajan juga alesannya apa. ahahha (berasa masih muda)

Balas
avatar

anak Tenik Komputer ya gan? Sekelas sama Arie Kriswoyo dong? Dia temen sekelas SMA ane

Balas
avatar

huwahah...
yg nomer 2 gak yakin tuh kalo maen petasannya seperti pada gambar... >.<
tapi beneran, jadi kangen masa kecil...

Balas
avatar

punya bakat menulis juga nih agan...kampret...maju terus semoga sukses

Balas
avatar

setuju sama petasannya

jangan lupa sob kunjungi juga madereastu.blogspot.com

Balas
avatar

haha...petasan big big banget tuh mas :)

Balas
avatar

Salam syawal =) singgah malam sob

Balas
avatar

memang gak rame kalau ramadhan gak nyalain petasan ..hehehe ,salam kenal brow

Balas
avatar

kunjungan perdana sob ,ijin nyimak aja dulu ,salam kenal ya

Balas
avatar

emang selalu gila tulisannya haha ..

selamat lebaran :D :) .

Balas
avatar

hahaha gokil abies postingnya....

Balas
avatar

perang sarung yg bikin gua penasaran, pgen pecahin pala lawannya.. ahhahah

Balas
avatar

wkakakaka, yg main petasan sadis amat sob ...

Balas
avatar

Yang kurang dari Ramadhan kemarin adalah gak jadi 4L4y. Sebelumnya tiap siang-sore main layang-layang di halaman masjid/sawah. Sawahnya udah jadi rumah/toko sih. :))

Balas
avatar

Kunjungan siang, sekaligus duduk manis trus baca-baca artikel sobat.. nice blog.

Balas
avatar

hihii,,,gambar petasanya lucu mas admin. saya jadi penasaran jadi dibakar ngga tuh? ^^
eniwei mantap artikelnya,,keep posting!

Balas
avatar

Haha.. konyol konyol ya kang jaman dulu.... Rindu...

Balas
avatar

hehehe, iya gan.. dapet dari si mbah nih. :p>

Balas
avatar

nah, bener banget gan, ane juga ngerasa gitu.. mendingan pas masih sekolah, kangen tugas sekolah juga nih.. :p>

Balas
avatar

ane di UI gan, kalo agan kuliah dimana? iya nih kelamaan libur juga gak enak gan, gak ada pemasukan.. jadi gak bisa kemana-mana. -__-

Balas
avatar

hehe, alhamdulillah gan. Ane teknik komputer.

iya bener, kalo udah gede jadi gak enak kalo minta duit.. tinggal nunggu doang deh dari orang tua kapan turunnya. pfft.

Balas
avatar

iya gan, ane bareng sama Arie. wah, orang Tasik dong? :D

Balas
avatar

hahaha, tapi kan suaranya kenceng gan.. >.<

Balas
avatar

hehehe, makasih sob.. semoga sukses juga. :D

Balas
avatar

wah, bener banget nih! apalagi buat fungsi yang kedua ya sob? :p

Balas
avatar

salam kenal juga sob.. monggo baca-baca dulu. hehehe

Balas
avatar

ehehehe, happy reading!

selamat lebaran juga sob! :D

Balas
avatar

hahaha, petasan buat yang bener-bener 'laki' tuh sob! :D

Balas
avatar

makasih udah mampir sob.. monggo di baca artikel lainnya. :))

Balas
avatar

konon menurut cerita sih gak jadi di bakar, sekarang mereka memilih tobat dan gak main petasan lagi. :")

Balas
avatar

hehehe, iya, jadi kangen masa lalu nih. :")

Balas
avatar

hahahaha, iya juga sob.. gue pernah tuh, ngejar layangan putus sampe mau kecebur got.. :\

Balas